SUMBER UNSUR HARA DALAM TANAH


Unsur-unsur hara yang ada dalam tanah berasal dari empat sumber yang melakukan dua fungsi yaitu : sebagai gudang unsur hara dan membuatnya tersedia bagi tanaman.  Empat sumber tersebut adalah :
1.  Mineral tanah.  Mineral tanah merupakan sumber utama bagi semua  unsur hara tanah kecuali Nitrogen.  Mineral tanah adalah gudang penyimpan unsur hara jangka panjang.  Pelapukan membebaskan unsur hara secara perlahan-lahan, kemudian melarutkan mineral menjadi ion-ion.
2.   Bahan Organik.  Bahan organik menyediakan sejumlah besar unsur seperti Nitrogen dan unsur hara bukan ion yang tercantum dalam Tabel 1.1.  Bahan organik adalah bentuk penyimpanan intermediate, ketika unsur-unsur dilepaskan bagi tanaman melalui pembusukan (dekomposisi).  Beberapa unsur hara dalam bahan organik segar dilepaskan secara cepat, dan pada saat dalam bentuk humus dilepaskan dengan lambat.
3.  Unsur hara teradsorpsi.  Unsur hara ini diikat di dalam tanah karena ditarik oleh mineral liat dan humus.  Adsorpsi terjadi karena partikel liat dan humus bermuatan listrik negatif.  Adsorpsi unsur hara diikat dengan kuat oleh partikel, tetapi dapat tersedia bagi tanaman setelah terjadi pertukaran ion,
4.   Ion-ion terlarut.  Ion-ion terlarut merupakan unsur hara yang relatif paling banyak tersedia.  Campuran ion-ion dan air tanah disebut sebagai larutan tanah (Soil Solution).  Tanah menjerap ion-ion secara langsung dari larutan tanah.  Dimana unsur hara ini dapat secara cepat digunakan oleh tanaman atau tercuci oleh air perkolasi.



Gambar 2.1.  Empat Sumber (Gudang) Hara dalam Tanah

Pada gambar di atas terlihat bahwa unsur hara dapat berubah bentuk.  Ketika tanaman mengambil hara dari larutan tanah maka unsur-unsur hara dalam cadangan-cadangan yang ada akan mengalami proses menjadi tersedia bagi tanaman.  Bila dalam bentuk mineral-mineral tanah akan mengalami pelarutan, atau mengalami mineralisasi bila sumbernya berasal dari bahan organik.  Demikian juga yang terjerap akan terlepas ke dalam larutan tanah. Unsur-unsur hara yang terjerap akan terlindungi dari proses pencucian yang menyebabkan kehilangan hara.


No comments:

Post a Comment