Manfaat Jeruk Lemon (Citrus limon)

Sitrun, jeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen), atau limun adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia bahkan sangat banyak manfaatnya dalam bidang kesehatan dan kecantikan

Sekarang kita bahas tentang morfologi dan tempat hidupnya dulu ya.

Jeruk Lemon memiliki pohon berukuran sedang yang dapat mencapai 6 m dan tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah namun di Indoneia tanaman ini sudah banyak di budidayakan oleh petani kita. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F).

Nah itulah sedikit gambaran tentang morfologi dan tempat hidup dari tanaman jeruk lemon.jadi sahabat g perlu khawatir jika ingin melakukan budidaya jeruk lemon di pekarangan sahabat. untuk sistem dan teknik budidayanya kita bahas di artikel berbeda ok.

baiklah sekarang kita masuk pada inti pembahasannya. 

Khasiat Jeruk Lemon

Dalam dunia kesehatan dan kecantikan jeruk lemon sekarang sangat direkomendasikan oleh para pakar pakar ternama. semua bahan yang terdapat pada buah jeruk lemon sangat berguna mulai dari airnya, biji, bahkan kulitnya. berikut ayo kita bahas khasiat buah jeruk lemon dari masing masing bagiannya. lets gooooo..

AIR JERUK LEMON.

khasiat dari air perasan jeruk lemon ini sangat bermanfaat untuk membantu sahabat dalam dunia kesehatan bahkan kecantikan. g percaya. ayuk di baca lalu di coba di rumah.. ok..!!!

1. Untuk pencernaan
Kandungan asam dalam jus lemon bekerja bersama tubuh untuk memelihara dan meningkatkan fungsi-fungsi tubuh dengan baik. Demikian menurut Roxanne Sukol, MD, dari Cleveland Clinic Wellness Institute. Dengan meminum air lemon, maka kita akan memberikan tubuh lebih banyak waktu untuk mengambil dan memproses nutrisi dalam makanan yang dimakan setelah itu,

Penyerapan yang lambat ini baik karena dua alasan. Pertama, menghemat simpanan insulin dalam tubuh (insulin penting dalam mengatur jumlah glukosa dalam darah), dan juga membantu tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisi dari makanan yang diasup. sehingga segala vitamin dan nutrisi dari makanan yg kita konsumsi akan di serap oleh tubuh secara efektif. air jeruk lemon ini juga mampu merangsang saluran pencernaan dan gerak peristaltik dalam dinding usus sehingga membantu mengeluarkan sampah secara lebih efisien, dan menyembuhkan sembelit.

Vitamin C juga membantu penurunan risiko tukak lambung disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Lemon dapat membantu meringankan masalah pencernaan bila dicampur dengan air hangat, termasuk di antaranya mual, mulas dan heartburn (naiknya asam lambung ke kerongkongan)

2. Mengeluarkan Racun (Meningkatkan fungsi Detox) 
Asam sitrat pada air perasan jeruk lemon hangat dapat memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang kinerja organ hati sehingga memaksimalkan proses detoks pada tubuh secara keseluruhan melalui air kencing. Air perasan lemon dapat membantu melarutkan asam urat dan racun lainnya yang ada di dalam hati. Selain itu mampu meluruhkan batu empedu dan meringankan demam yang disebabkan malaria. Kandungan Kalium yang sangat tinggi di air lemon membantu menyembukan biliousness atau gejala gangguan hati yang bisa menyebabkan sembelit, pusing, muntah dan kehilangan nafsu makan. 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 
Air perasan jeruk lemon kaya akan vitamin C yang bagus untuk mencegah dan mengobati influenza. Tak hanya itu kalium yang terkandung dalam lemon mampu merangsang fungsi otak dan syaraf serta berperan mengontrol tekanan darah. Asam karbonat dalam lemon juga juga merupakan anti peradangan atau memberikan efek anti inflamasi. Air perasan lemon dapat meningkatkan penyerapan zat besi serta mengandung saponin yang bersifat anti mokroba. 

4.  Untuk Menjaga Kesehatan Kulit 
Vitamin C dalam air perasan jeruk lemon memiliki fungsi sebagai anti penuaan, menghilangkan kerutan dan komedo. Bila dioleskan pada daerah bekas luka maka akan dapat menyamarkan bekas luka tersebut serta flek hitam akibat sinar UV. Air perasan jeruk lemon juga selain kaya akan vitamin C juga kaya akan antioksidan sehingga komsumsi lemon secara rutin dapat melawan keriput akibat radikal bebas serta membersihkan noda pada kulit dari dalam, tak hanya itu anti bakteri yang terkandung dalam air perasan jeruk lemon dapat mengurangi timbulnya jerawat. 

5. Manfaat Air Perasan Jeruk Lemon Untuk Mencegah dehidrasi Air perasan jeruk lemon juga mengandung mineral dalam jumlah yang banyak yang akan membantu kita terhindar dari bahaya dehidrasi. Saat tubuh mengalami dehidrasi, organ tubuh tidak dapat melakukan semua fungsinya dengan optimal sehingga menyebabkan penumpukan racun, stres, sembelit dan masalah kesehatan lainnya. 

6. Untuk Menjaga Keseimbangan Asam Basa Tubuh 
Jika tubuh memiliki ketidakseimbangan pH atau tingkat keasaman yang kronis ini rentan terserang penyakit. Meski lemon adalah buah asam tapi adalah buah yang bagus untuk memastikan keseimbangan pH dalam tubuh. Lemon membantu membuat alkali dalam tubuh, dengan mengembalikan keseimbangan pH tubuh.

Nah itulah beberapa manfat dari air perasan jeruk lemon. untuk manfaat dari kulitnya, kita bahas di artikel berikut... lets see

No comments:

Post a Comment