Ubi Jalar Oranye (Impomoea trifida) Varitas BETA-1

Ubi Jalar Oranye BETA-1 merupakan ubi jalar yang memilki pigmen oranye pada daging buahnya. Ubi jalar ini juga merupakan Varietas yang masih terus di kembangkan untuk mendukung ketahanan pangan dengan mengedepankan nilai gizi. Ubi Jalar Oranye BETA-1 ini dapat di budidayakan seperti biasa orang membudidayakan ubi jalar yang lain.


Salah satu varian ubi jalar yang dikembangkan di Indonesia adalah varian Ubi Jalar Oranye BETA-1 (Impomoea trifida). Ubi varian ini memiliki keistimewaan yaitu memiliki kandungan beta keroten yang tinggi dari varian ubi yang lain. Dan di bandingkan ubi varian lain tekstur ubi ini lebih berair dan kandungan kadar gulanya relatif rendah dari varietas yang lain. Kandungan gizi pada ubi jalar oranye (Impomoea trifida) terutama kandungan beta karotennya yang mencapai 9900 mkg (32967 SI).

Ciri Dan Keunggulan Ubi Jalar Oranye BETA-1
1. Hasil umbi/ha
Ubi jalar oranye dapat menghasilkan umbi sebanyak 25 - 35 ton/ha. untuk memperoleh hasil yang maksimal tentunya perlakuan dalam proses budidaya sangat menentukan. pemberian pupuk tambahan diusahakan menggunakan pupuk Organik agar kesuburan tanah tetap terjaga. hal ini juga sangat membantu dalam proses pengendalian hama dan penyakit dalam tanah yang dapat merusak umbi.

2. Umur Panen.
Ubi jalar oranye merupakan varietas yang telah dikembangkan dengan mengusahakan umur panen yang genjah (pendek). Ubi jalar Oranye ini memiliki umur panen 4-4.5 bulan HST.

3. Umbi
Umbi dari ubi jalar oranye ini memiliki warna (oranye) yang sangat pekat. kepekatan ini menunjukkan tingginya jumlah pigmen yang terdapat di dalam umbi yang menentukan jumlah Betakaroten yang terdapat dalam umbi. Ubi jalar oranye ini memiliki kandungan beta karoten yang tinggi yaitu 12.032 ug/100 g umbi. selain itu rasa umbi juga manis dengan kadar air yang agak tinggi.

4. Resistensi.
Ubi jalar oranye ini memiliki keunggulan dalam hal ketahanan terhadap hama dan penyakit yang menyerang umbi. Ubi jalar oranye ini tahan terhadap penyakit kudis dan penyakit boleng pada umbi.

Untuk mengetahui cara mengendalikan hama dan penyakitnya baca juga Hama dan Penyakait tanaman ubi jalar.

No comments:

Post a Comment