TEKNIK PEKARANGAN PRODUKTIF

Lingkungan rumah termasuk taman yang terdapat di dalamnya merupakan tempat untuk kita melakukan banyak hal, muali dari kegiatan bertanam, sebagai media melepas penat, sebagai penyejuk dan keindahan rumah, tempat bermain, tempat berkumpul, juga sebagai tempat berkreasi. seperti itulah fungsi taman yang kita harapkan.


Prinsip berkebun di taman rumah kita memang telah lama di gunakan sejak nenek moyang kita di indonesia mulai mengenal sistem bercocok tanam. segala sesuatu yang bermanfaat baik itu tanaman sayuran, tanaman herba, maupun tanaman buah di tanam di areal lingkungan rumah. sehingga sampai sekarang itu tetap di gunakan dan di jadikan sebagai ciri khusus taman di Indonesia.

Berkebun di lingkungan rumah khususnya taman sangatlah memberi nilai tambah dalam berbagai hal, baik itu nilai ekonomis  sampai dengan nilai estetika. di sini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit gambaran tentang teknik berkebun dalam pekarangan produktif.


1. Menanam pohon buah- buahan.
Menanam pohon buah - buahan baik itu dengan stek, cangkok maupun dengan bibit dari biji dapat memberikan nilai tambah pada taman kita, selain dalam wilayah ekonomis, kesehatan, juga dapat memberikan nilai keindahan dan kesejukan di dalam taman. tanaman buah yang disarankan adlah tanaman yang tidak terlalu tinggi, dan terlalu besar. semua di setarakan dengan konsep taman yang kita bangun.

2. Membuat sistem budidaya hidroponik.
Cara menanam hidroponik sebenarnya sangat cocok untuk diterapkan di daerah perkotaan atau daerah urban, karena banyak manfaatnya diantaranya hemat tempat dan ramah lingkungan. Contoh tanaman hidroponik yang sangat mudah untuk di tanam dengan cara menanam hidroponik adalah jenis tanaman sayuran daun seperti sawi, kangkung, pakcoy, kailan, seledri, kemangi dan lain sebangainya.
Hal yang harus diperhatikan dalam cara menanam hidroponik adalah media tanam dan nutrisi hidroponik atau pupuk hidroponik. Pastikan media tanam cukup poros sehingga air dan nutrisi dapat di serap oleh akar tanaman tapi juga cukup kokoh untuk menopang tanaman hidroponik.

3. Menanam tanaman herbal beraroma.
Menanam tanaman herba yang memiliki aroma yang segar seperti kemangi, kenikir, sre, daun seledri, jeruk purut, dan tanaman rizhome akan memberikan kesan kesegaran. selain itu tanaman ini juga dapat di manfaatkan sebagai obat herbal dan juga pelengkap dalam bumbu dll.

Hal hal yang harus di perhatikan dalam pembuatan kebun di taman yaitu diantaranya

1. Memisahkan tanaman hias dan tanaman budidaya 
Hal ini mengapa penting di lakukan, agar taman di lingkungan rumah kita tertata rapi. selain itu juga dapat mencegah serangan hama dan penyakit pada tanaman budidaya.

2. Pembuatan screan house atau green house sederhana.
Hal ini boleh saja dilakukan tergantung dari luas tidaknya lahan atau taman di lingkungan kita. jika hal itu memungkinkan untuk kita buat, maka hal itu sangatlah berpearan dalam proses budidaya. screan house berperan sebagai pembatas atau filter antara tanaman budidaya dengan lingkungan luar. dan screan house juga merupakan salah satu media (ruang) untuk menciptakan tanaman yang bersifat Organik.

3. Mempersiapkan saluran irigasi
Hal ini  sangat penting dalam mendukung proses budidaya sistem taman. sistem irigasi yang baik akan membantu kita dalam merawat dan menjaga lingkungan kita agar tetap subur dan sejuk.

4. Penataan ruang.
Usahakan untuk tetap menjaga estetika dan keindahan taman di rumah kita. dan atur dengan perencanaan yang matang sehingga taman menjadi taman yang indah dan memiliki manfaat yang banyak dalam mendukung segala kebutuhan kita.

1 comment: