Teknik Pengendalian Hama Lalat Buah (Bactrocera sp.) Pada Tanaman Jeruk

Assalamualaikum sahabat warung Agriculture dimanapun berada.. kali ini kita akan membahas tentang seputar hama yang paling menjengkelkan para petani khususnya petani yaitu Lalat Buah (Bactrocera sp.). mengapa dikatakan menjengkelkan..?? karena hama ini sangat sulit dikendalikan dan oleh sebab itu petani selalu pusing dibuat lalat buah ini.. xaxa.. termasuk saya..karena apa.. karena saya harus memulainya dari mana..?? haraahhh..xixi
lah terus gmn..?? tenang aja.. saya akan cuba sedikit bercerita dalam artikelini bagaimana cara mengendalikan hama lalat buah ini dari segi pengalaman saya di lapang. 

Lalat buah merupakan hama yang banyak menyerang tanaman buah baik buah buahan maupun tanaman sayur buah. ciri morfologi dari hama ini digambarkan seperti ngengat atau ya bisa di katakan mirip dengan tawon madu namun sebesar lalat biasa..itu bahasa saya lhu ya..kalau bahasa biologinya.. terlalu panjang ntar bahasanya.. dan di sini saya tidak membahas bagaimana bentuk atau ciri morfologi buah jeruk yang terkena serangan lalat buah karena akan lebih mudah jika langsung di jelaskan dengan menggunakan gambar.. dan begitu juga lalatnya.. gimana setujukan..?? xixi.. ok langsung saja kita bahas ok..

Pengendalian Hama Lalat Buah Pada Tanaman Jeruk.

Pertama yang harus dipersiapkan adalah kondisi lingkungan lahan yang baik akan sangat menentukan keberhasil dari proses pengendalian lalat buah. seperti apa..?? apakah lahan jeruk harus di paving..??? xixix .. jawabannya NO... ok.. yang penting adalah mengendalikan gulma pada lahan.. tidak harus di bersihkan atau malah di matikan dengan menggunakan herbisida.. tapi yang pernting rumput tidak sampai tinggi-tinggi. karena rumput merupakan tempat tidur atau bersembunyinya hama ini. disamping itu piringan dari setiap tanaman juga harus bersih sehingga proses pembersihan buah yang terserang dan rontok mudah dilakukan. nah.. berikut langkah langkah yang sudah saya lakukan di kebun percobaan milik saya sendiri..xixi

ini sebetulnya rahasia perusahaan.. tapi demi keberhasilan petani jeruk khususnya maka tidak ada salahnya kita saling berbagi pengalaman.. oyyiii..

pengendalian yang saya lakukan terhadap hama ini bisa dikatakan aneh.. soalnya g lumrah.. dan terkesan nggak cocok.. xixi tapi alhamdulillah hasilnya.. serangan hama lalat buah berkurang hingga 75-80%. cara yang saya gunakan yaitu dengan menggunakan cairan yang memiliki aroma yang lalat itu tidak suka. apa itu..?? ada yang tau..?? xixi jawabannya adalah Minyak Kayu Putih atau bisa juga menggunakan minyak wangi Fambo :" itu lek bahasa penduduk sini.. itu lhu minyak yang baunya seperti munyak nyong nyong yang di pake mabh mbah dukun.. xixi

Nah jika sahabat menggunakan minyak wangi fambo sebagai senjatanya.. maka dosis yang digunakan adalah sebanyak 3 botol untuk 1 drum 200 L larutan. kenapa saya nggak menyarankan minyak kayu putih.. alasannya karena harganya mahaalll.. jadi kenapa harus pakai yang mahal jika ada yang murang namun itu manjur,.. xixixi

Larutan minyak wangi fambo tadi bisa di campur dengan larutan campuran pestisida dan kawan kawan. dan dilakukan pengompresan seminggu sekali.. 

Nah itulah pengalaman saya mengendalikan hama lalat buah di lahan.. karena sudah hampir menyerah karena dengan berbagai cara wes dilakukan tapi hasilnya g kelihatan.. jadi..sahabat bisa cuba di lahan budidayanya dan semoga sukses.. eh iya.. minyak fambo juga bisa digunakan untuk mengendalikan hama keper atau jenis ngengat kupu dari hama ulat flutella yang menyerang tanaman gubis gubisan lhu... 

Selamat mencoba sahabat... 

No comments:

Post a Comment